Check Page Rank of any web site pages instantly:
  
This free page rank checking tool is powered by Page Rank Checker service

Wednesday, June 16, 2010

Tips Merawat Hardware PC

PC adalah bagian yang vital untuk proses komputasi, karena di dalamnya terdapat komponen-komponen yang bekerja secara simultan dan sinergi. Hampir setiap hari kita tidak lepas dari komputer guna meringankan tugas-tugas kita dalam mengolah data. Bagi sebagian user yang berpengalaman dalam perawatan PC, sudah bukan menjadi masalah apabila mendapatkan PC dalam keadaan kotor oleh karena debu atau yang lainnya. Untuk memperoleh kinerja dari PC kita secara optimal perlu kita lakukan perawatan hadware secara berkala. Di bawah ini beberapa tips untuk merawat hadware PC agar tetap bugar dan fresh dalam bekerja :
1. Matikan semua koneksi listrik yang menyatu dengan PC. Hal ini untuk menghindari adanya hubungan pendek apabila kita menyentuh suatu komponen yang sensitif dengan sentuhan dan juga menghindari tersengat listrik apabila ada kebocoran.

2. Lepaskan semua konektor pada komponen PC.

3. Jika memungkinkan angkat komponen dari chasis kecuali mainboard kemudian bersihkan semua debu yang menempel dengan menggunakan kuas kecil yang halus atau dengan menggunakan alat penyedot debu untuk membersihkan bagian-bagian yang sulit dibersihkan dengan kuas.

4. Dalam membersihkan heatsink dan kipas CPU, perhatikan thermal pastenya. Apabila sudah habis segera ganti dengan yang baru karena thermal paste berfungsi untuk menghantarkan panas dari prosesor ke heatsink untuk akhirnya dilepaskan dan dibuang oleh kipas.

5. Membuka pendingin CPU perlu hati-hati karena bagian ini cukup sulit dan perlu peralatan tambahan untuk mengungkit pengait heatsink dengan socket.

6. Jangan sekali-kali menggunakan cairan untuk membersihkan komponen CPU.

7. Pasang kembali komponen-komponen yang tadi dilepaskan setelah dibersihkan. Nyalakan komputer dan lihat performanya.

Inilah beberapa tips agar PC Anda tetap sehat dari segi hadware.

No comments:

Post a Comment